Ceroboh Dikit Aja, "Bentuk Kaki Anak Jadi Korbannya"! 80% Penyebabnya Ada Hubungannya Dengan "Kebiasaan Sehari-Hari Para Ibu"! #Peran Ibu Sangat Penting

Bentuk kaki O atau genu varum, umumnya banyak terjadi pada anak- anak usia 2-6 tahun, bahkan orang dewasa. Penderita penyakit ini biasanya menunjukkan bentuk kaki dengan lutut dan tulang yang memiliki bentuk melengkung keluar, sehingga menyerupai bentuk huruf O, membuat seseorang berjalan tidak seimbang.


Lalu, banyak pertanyaan muncul dari kalangan para ibu, apakah penyebab kaki dengan bentuk O atau X ini?

- Apakah posisi tidur yang salah dapat mempengaruhi bentuk kaki anak?
- Apakah cara menggendong yang salah?
- Atau cara pemakaian popok yang tidak benar?
- Atau karena anak terpaksa berjalan sebelum usia yang seharusnya?

Jawabannya adalah...

Cara memakaikan pampers pada anak sangat relatif dalam keterkaitannya dengan bentuk kaki anak. Menurut para ahli kesehatan, sebenarnya pemakaian pampers pada anak tidak terlalu berpengaruh, asalkan pampers yang dipakaikan tidak mengganggu posisi kaki anak saat ia hendak berjalan. Walaupun tidak berpengaruh secara langsung, ada baiknya jika orang tua lebih teliti lagi saat memakaikan pampers pada anak. Pilih juga pampers dengan bahan material yang bagus untuk kulit anak.

Belajar berjalan sebelum waktunya dipercaya menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi bentuk kaki anak. Jika anak terlalu cepat dipaksa untuk berdiri dan bahkan berjalan, akan mempengaruhi bentuk kaki anak, karena pada umur tertentu, kaki anak belum mampu menahan berat tubuhnya secara menyeluruh. Bahkan berdiri untuk jangka waktu sebentar saja juga memberi pengaruh yang besar.

Selain mencegah anak untuk terlalu dini belajar berjalan, orang tua juga harus memperhatikan asupan vitamin D untuk menyediakan sumber kalsium bagi tubuh yang juga akan membantu meningkatkan kualitas tidur anak. Jika anak kurang asupan vitamin D, maka ini akan berdampak buruk pada tulang anak, terutama tulang kaki yang mana akhirnya akan menjadi salah satu faktor penyebab bentuk kaki anak menjadi O atau X.

Anak tidak boleh berlutut terbalik (posisi duduk W) terlalu lama, jika orang tua melihat anak duduk dengan posisi W, maka diharapkan untuk orang tua segera membenarkan kembali posisi duduk anak ke posisi normal. Kebiasaan ini akan menjadi penyebab utama bentuk kaki anak menjadi O atau X.

Disarankan agar anak tidak tidur dalam posisi telungkup, dikarenakan pergelangan kaki akan berada pada posisi tertekuk. Jika ini berlanjut terus untuk jangka waktu yang lama, maka akan mempengaruhi pertumbuhan tulang pada pergelangan kaki anak. Balikkan badan anak jika mereka sedang tidur dalam keadaan telungkup.

Orang tua wajib setiap harinya memperhatikan posisi berdiri, duduk, jongkok dan tidur sang anak, karena kebiasaan-kebiasaan tertentu dapat menjadi penyebab utama kelainan tulang kaki pada anak.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, sahabat Cerpen! Dishare yuk!

Sumber: imama